MaulanaZam. Diberdayakan oleh Blogger.

Bagaimana Blog ini menurut Anda ?

Popular Posts

me & wife

me & wife
me & wife

Labels

Jumat, 26 Juli 2013

Mourinho : Anda Harus Punya Kebanggaan



Atmosfer dunia sepakbola Indonesia di bulan Juli 2013 boleh dibilang sangat bergairah, bagaimana tidak klub-klub tenar dari Liga Inggris seperti Arsenal, Liverpool dan Chelsea berdatangan. Mereka datang bukan sekedar melancong tapi memberikan pelatihan dan sparring dengan pemain nasional Indonesia. Hampir setiap pertandingan Stadion penuh sesak oleh penonton. Penulis sendiri hadir dalam salah satu pertandingan tersebut yaitu pertandingan antara Indonesia XI melawan Chelsea.
Terlihat sekali animo masyarakat sangat tinggi dalam peristiwa olahraga tersebut.  Walaupun harga tiket cukup mahal, paling rendah seratus lima puluh rupiah tetapi hal itu seperti bukan masalah. Beda kalau BBM naik kali ya….baru kita ribut (tersenyum).
Dari tiga pertandingan menarik tersebut hasilnya Indonesia kemasukan 17 gol dan memasukkan 1 gol hasil dari gol bunuh diri. Bagi penggemar sepakbola Indonesia hasil pertandingan bukanlah faktor yang penting untuk dilihat, maklum klub yang dihadapi bukan klub sembarangan. Level mereka mungkin ada 3 level diatas pemain Indonesia. Hal yang diharapkan oleh penggemar sepakbola Indonesia adalah bagaimana pemain bisa memainkan bola dengan menarik dan penuh percaya diri. Terbukti ketika bermain melawan Liverpool walaupun kalah 2 -0, pemain Indonesia mendapatkan apresiasi dari masyarakat Indonesia karena mampu memberikan perlawanan yang cukup sulit untuk Liverpool. Namun beberapa hari kemudian melawan Chelsea, pemain Indonesia keok lagi.
Pelajaran Penting
Hal paling penting dari tiga pertandingan tersebut adalah bagaimana para pelaku sepakbola Indonesia bisa memetik pelajaran yang berharga untuk pembangunan sepakbola Indonesia ke depan. Tidak hanya dijadikan sekedar tontonan dan hiburan bagi masyarakat saja. Jika hanya itu kasihan sekali sepakbola Indonesia. Oke.. pelajaran yang bisa kita petik adalah masalah fisik. Postur pemain Indonesia dibandingkan pemain luar negeri sangat terlihat bedanya. Sulit untuk merebut bola jika fisik kita kalah besar dengan lawan. Begitu juga stamina yang sering kendor pada masa-masa akhir.
Namun dari alasan klasik sudah-sudah, menarik kita simak pelajaran dari sang mega theater sepakbola dunia yaitu Jose Mourinho. Dia memberikan saran dan sentilan untuk dunia sepakbla Indonesia. "Saya pikir timnas Anda harus bermain dengan semangat tinggi. Itu adalah cara yg terbaik untuk membuat timnas Anda menjadi lebih baik. Membela timnas (haruslah) bermain dengan kebanggaan," tutur Mou

"Jika Anda sudah memiliki kebanggaan itu, maka Anda akan lebih kuat dari kemampuan sebenarnya. Bahkan, jikapun Anda tak punya cukup potensi karena lawan Anda kuat, Anda tetap bisa bermain baik," tutup Mou.
Kebanggaan ? ya…betul, pemain kita harus punya kebanggaan ketika membela Indonesia. Kita tahu pemain sering kali mangkir atau terlambat kalau sudah dipanggil untuk berkumpul. Padahal persiapan untuk bertanding sangat penting. Jika kebanggaan itu ada di dada kita, seperti apa yang disampaikan Mou, maka kita akan bisa bermain baik, sekalipun kita tidak cukup berpotensi. Untuk PSSI, mari mister kita bekerja keras untuk memajukan sepakbola Indonesia.

0 komentar

Posting Komentar