MaulanaZam. Diberdayakan oleh Blogger.

Bagaimana Blog ini menurut Anda ?

Popular Posts

me & wife

me & wife
me & wife

Labels

Senin, 05 Agustus 2013

Siap-siap Harga Elpiji Naik

Keinginan PT. Pertamina Persero menaikkan harga elpiji 12 kg sepertinya tidak bisa ditahan lagi. Alasan bahwa kerugian perseroan setiap tahun selalu bertambah akibat menanggung kerugian penjualan elpiji menjadi faktor kuat keinginan tersebut.

Setiap tahun Pertamina mengalami kerugian atas penjualan elpiji 12 kg sebesar Rp 5 triliun. Bahkan secara akumulasi dalam 4 tahun terakhir, Pertamina mengalami kerugian hingga Rp 20 triliun. Wow, angka yang sangat besar memang. Beban yang berat ini disinyalir menjadi penyebab Pertamina sulit bersaing dengan perusahaan asing. Padahal Pertamina memiliki keinginan untuk melakukan ekspansi ke depan. Oleh karena itu diharapkan pemerintah ikut campur dalam meringankan beban Pertamina.


Namun demikian, pertanyaannya apakah elok jika saat ini pemerintah ikut menaikkan harga elpiji 12 kg?. Tentu dampak dari kenaikan harga elpiji akan besar sekali. Bukan hanya soal adanya resiko inflasi yang akan membengkak, tetapi beban masyarakat yang masih terbebani dengan kenaikan harga BBM bersubsidi yang telah berlaku sejak akhir Juni lalu.

Kenaikan harga BBM bersubsidi seperti kita ketahui telah memberi dampak kenaikan inflasi pada harga kebutuhan pokok. Bisa dibayangkan jika ditambah lagi dengan kenaikkan harga Elpiji. Pemerintah dalam hal ini harus memeras otak bagaimana menyelamatkan Pertamina sebagai perusahaan nasional namun disisi lain kepentingan masyarakat jangan sampai terlukai. Ingat berdasarkan UUD 1945, kekayaan bumi, air dan darat di gunakan untuk kepentingan hidup orang banyak. Semoga pemerintah memiliki solusi dan strategi jitu untuk mengatasi tersebut. Dan mari kita dukung pemerintah ke arah kebijakan-kebijakan publik yang memihak kepentingan rakyat tanpa menghilangkan tugas untuk menyelamatkan dan mengembangkan perusahaan nasional, karena mereka juga aset negara dan aset bagi kemakmuran rakyat.

0 komentar

Posting Komentar