MaulanaZam. Diberdayakan oleh Blogger.

Bagaimana Blog ini menurut Anda ?

Popular Posts

me & wife

me & wife
me & wife

Labels

Jumat, 25 November 2011

Profesionalisme Guru dan Kedekatan Dengan Siswanya

Dikatakan dalam sebuah forum media bahwa ada “Sebuah pepatah lama “Guru pahlawan tanpa tanda jasa”.. namun sekarang saya lihat tidak banyak orang yang pantas disebut GURU karena mereka sekarang lebih sibuk untuk membuat RPP, Silabus, Kenaikan Pangkat, Sertivikasi Dll…. Lalu apa fungsi guru?
Untuk saat ini saya tidak terlalu peduli dan antusias untuk membicarakan hal diatas. Bagi saya apa yang dibutuhkan oleh siswa jauh lebih penting untuk diperhatikan daripada teori melulu.
Peranan Guru tidak hanya terkait dengan persoalan kedinasan tetapi juga terkait dengan persoalan non kedinasan adapun yang terkait dengan bentuk pengabdian. Maka ada tiga jenis tugas dan fungsi guru, yakni tugas dalam bidang profesi, tugas kemanusiaan, dan tugas dalam bidang kemasyarakatan.
Tugas non kedinasan inilah yang sekarang jarang dilakukan oleh guru, karena guru saat ini sibuk dengan tugasnya sementara perhatian terhadap siswa jauh berkurang. Keberhasilan guru saat ini tidak hanya diukur dengan keberhasilan dalam belajar melainkan keberhasilan sosial dengan menciptakan hubungan yang sangat dekat terhadap siswanya. Sehingga sang siswa merasakan kehadiran gurunya tidak hanya sekedar sebagai orang yang mendidiknya saja tetapi juga bisa memposisikan dirinya sebagai teman yang mau mendengarkan keluhannya.
Ditengah-tengah persoalan sosial yang komplek kadang para siswa mencari figur yang mau mendengarkan curahan hatinya. Disinilah peran guru yang harus aktif sehingga dapat memenangkan hati siswanya, agar mereka tidak salah memilih orang sehingga dirinya terjerumus dalam lingkungan yang negatif.
Kedekatan siswa dengan guru pada saat ini sebenarnya perlu disikapi dengan benar, ada porsi yang terukur. Satu sisi siswa merasakan nyaman dan senang bila diajarkan dan satu sisi etika dan adab siswa terhadap gurunya tetap terjaga. Satu lagi diluar kedinasan sang guru siap mejadi figur orang tua sekaligus teman yang baik bagi siswanya. Pada akhirnya tinggal sikap sang gurulah yang mampu selalu untuk mengelola kualitas dirinya.

0 komentar

Posting Komentar